Minggu, 28 Juni 2015

5 Trik Ampuh Percepat Laptop/PC yang Lelet

Trik Ampuh Mengatasi Laptop/PC yang Lelet


Dengan kondisi laptop/PC yang lelet jelas sangat menjengkelkan, untuk itu kami akan berbagi beberapa tips agar Laptop atau PC yang anda gunakan kembali kepada keadaan normal bahkan dapat membuat Lpatop/PC anda berjalan dengan sangat cepat tapi dengan syarat anda mengikuti semua tips-tips yang akan kami berikan nantinya .Sebenarnya, untuk mengatasi komputer/ laptop yang cenderung semakin lama semakin lelet, anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin dan juga melakukan beberapa hal yang akan kami jelaskan satu per satu dalam artikel ini.

1. Matikan aplikasi yang tidak penting

Jika anda sedang memakai atau menyalakan komputer silahkan cek aplikasi yang sedang berjalan, dan tutup aplikasi anda yang tidak penting dengan cara tekan ( ctrl+Shift+Esc ) akan muncul seperti gambar di bawah.



Kemudian pilih aplikasi yang tidak penting kemudian klik "End Task".

2. Disk Clean Up pada Hardisk

Ketika windows baru di install registry,cache,dan cookies masih blom ada, tapi setelah anda pakai untuk browsing dan lainnya semua itu akan menumpuk di hardisk anda yang akan membuat kinerja komputer/laptop menurun. Nah jadi silahkan hapus itu semua agar kinerja komputer maksimal. caranya sebagai berikut :

Klik start - all program - pilih accesories - system tool - dan Disk Clean Up.


3. Uninstall program yang tidak penting

Untuk apa menginstal program yang tidak digunakan. Sayang jika menginstal program yang hanya membuang ruang hard disk anda. Untuk uninstall program, anda bisa melakukannya melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan/ penting.


4. Jangan lupa menginstal Antivirus

Pastikan anda sudah menginstal antivirus. Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata virus termasuk malware dan spyware menyebabkan kinerja suatu komputer menjadi lambat dan juga dapat merusak data/ file kita. Selain itu anda harus menginstal antivirus yang tepat, bukan antivirus yang malah memperlambat kinerja komputer/ laptop anda.



4. Hapus file-file sementara (sampah) pada Recycle Bin

File sementara (sampah) dapat memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya jika anda menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin. Alternatif software yang bisa anda gunakan adalah CCleaner, software tersebut juga dapat menghapus file sementara yang terdapat pada browser.



5. Perbesar kapasitas RAM dan Harddisk

Proses multitasking yang terlalu berat menyebabkan kinerja suatu komputer/ laptop menjadi lambat. Menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer.

Perhatikan pula kapasitas harddisk anda. Jika memang sudah hampir penuh (misalkan tersisa 10GB), tidak heran jika komputer/ laptop anda semakin melambat saja. Saya sarankan anda memperbesar kapasitas harddisk dan jika mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya membeli SSD untuk meningkatkan performa komputer/ laptop anda.



0 komentar:

Posting Komentar